Joe Biden Menangkan Pemilihan Presiden Amerika Serikat, Selanjutnya Bagaimana? -->
Berita Fakta Dan Informasi Terkini Hari Ini

Seputar Berita Dan Informasi Terkini, Aktual Terpercaya Tersaji Secara Lugas. Menyajikan Informasi Aktual Dan Ulasan Menarik Untuk Semua

Cari Berita

Iklan

Joe Biden Menangkan Pemilihan Presiden Amerika Serikat, Selanjutnya Bagaimana?

Orchid Media
Minggu, 08 November WIB Last Updated 2020-11-08T13:48:58Z

Orchidmedianews.Com - Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) berakhir dengan kemenangan Joe Bidan dari Partai Demokrat atas petahana Donald Trump dari Partai Republik. Dikutip dari Kompas.Com, Minggu (8/11/2020) Joe Biden dipastikan melenggang ke Gedung Putih sesudah sukses meraih 290 suara elektoral. 


Kemenangan Joe Biden sudah diberitakan oleh media-media ternama AS, misalnya CNN, NBC News, dan CBS News. Dengan hasil ini, Joe Biden menorehkan sejarah menjadi presiden tertua di AS, sedangkan wakil Biden, Kamala Harris akan mengukir sejarah sebagai wanita kulit hitam pertama yg duduk pada kursi nomor 2 Gedung Putih.

Joe Biden Menangkan Pemilihan Presiden Amerika Serikat

Dilansir dari BBC, Minggu (8/11/2020) dalam Konstitusi AS, tertulis bahwa masa jabatan baru Presiden dimulai pada 20 Januari. Pada hari itu akan digelar pelantikan yang berlangsung di Ibu kota, Washington DC. Presiden & Wakil Presiden baru akan diambil sumpahnya oleh kepala Mahkamah Agung. Sehingga, Joe Biden dan Kamala Harris akan mulai menjabat selesainya dilantik dalam 20 Januari 2021.


Masa transisi adalah periode setelah hasil pemilu diumumkan dan sebelum dimulainya masa jabatan Presiden baru dalam 20 Januari. Presiden terpilih akan membentuk tim yg disebut tim transisi. Tim ini bersiap buat mengambil alih kekuasaan segera sehabis peresmian. 


Mereka akan memilih orang-orang yang akan menjabat di kabinet, membahas prioritas kebijakan, dan bersiap untuk menjalankan pemerintahan. Joe Biden sudah menghabiskan waktu berbulan-bulan menyusun tim transisinya, mengumpulkan uang untuk mendanai tim itu, dan pekan lalu beliau telah meluncurkan situs resmi tim transisinya yg beralamat di https://buildbackbetter.Com/.


Pada 1800, saat Presiden pertama AS John Adams & istrinya Abigail pindah ke Gedung Putih, bangunan itu masih belum terselesaikan dibangun. Namun pada masa sekarang, Presiden baru dan keluarganya dipersilakan buat membarui dekorasi atau furnitur Gedung Putih, sehingga Kongres menyisihkan uang tunai buat itu. Ada 132 kamar & 35 kamar mandi yang harus dirawat pada kediaman Presiden. Ibu Negara sebelumnya, Melania Trump, yg pernah bekerja di dunia fashion, diketahui telah menginisiasi beberapa pemugaran di dalam Gedung Putih.


Berikut merupakan beberapa istilah yang akan sering muncul selama proses peralihan Presiden: 


Presiden terpilih: Ini adalah sebutan ketika seseorang kandidat memenangi pemilu, namun belum dilantik sebagai Presiden baru pada 20 Januari. 


Kabinet: Joe Biden akan segera mulai mengumumkan siapa yg dia inginkan di kabinetnya, yg adalah tim teratas pada tingkat pemerintahan tertinggi. Ini meliputi kepala seluruh departemen dan agensi utama. 


Sidang konfirmasi: Banyak dari jabatan pemerintah teratas yang diisi oleh orang-orang pilihan Presiden membutuhkan persetujuan dari Senat. Orang-orang yg dipilih oleh Biden diwawancarai oleh komite Senat dalam sidang, diikuti dengan pemungutan bunyi buat menyetujui atau menolak. 


Celtic: Sebagai Presiden terpilih, Biden menerima perlindungan tambahan dari Secret Service dan nama kodenya merupakan Celtic. Nama kode ini dipilih sendiri oleh kandidat. Trump diketahui menggunakan nama Mogul, sedangkan wapres terpilih Kamala Harris dilaporkan sudah menentukan nama kode Pioneer.


Editor: Agus R

Sumber: Kompas

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Olahraga

+