Main Handphone di Toilet? Dokter Memperingatkan Risiko Terkena Wasir -->
Berita Fakta Dan Informasi Terkini Hari Ini

Seputar Berita Dan Informasi Terkini, Aktual Terpercaya Tersaji Secara Lugas. Menyajikan Informasi Aktual Dan Ulasan Menarik Untuk Semua

Cari Berita

Iklan

Main Handphone di Toilet? Dokter Memperingatkan Risiko Terkena Wasir

Orchid Media
Minggu, 29 November WIB Last Updated 2020-11-29T13:06:49Z
Main Handphone di Toilet? Dokter Memperingatkan Risiko Terkena Wasir

Jakarta,Orchidmedianews.com - Saat ada panggilan ke kamar mandi untuk buang air besar jaman sekarang, ada kebiasaan membawa ponsel ke kamar mandi hanya buat mengecek 3 sampai 4 aplikasi.


Tergantung pada konten apa yg dipilih sembari duduk di atas toilet, akan tetapi tidak jarang Anda akhirnya menghabiskan waktu hingga setengah jam lamanya berada di toilet.


Membawa ponsel ke kamar mandi dengan alasan buat menemani ketika kita sendirian, atau menonton satu sampai dua video YouTube atau mengecek Facebook tidaklah berguna.


Dokter seorang ahli bedah di Australia, Profesor Chris Berney sudah menilik soal wasir dari waktu ke waktu, dan beliau memperhatikan wasir yg bengkak & meradang sudah makin seringkali ditemukan pada kalangan anak muda.


Dia mengaitkan alasan meningkatnya ini ditimbulkan lantaran kebiasaan anak belia ketika menggunakan ponsel mereka di toilet.


"Ini merupakan sesuatu yg sangat baru yg hanya saya lihat terjadi dalam lima atau sepuluh tahun terakhir," istilah Profesor Berney.


Para dokter menyampaikan jumlah anak muda yang terkena wasir meningkat belakangan ini. (Giorgio Trovato, Unsplash)


Wasir merupakan pembuluh darah yang bengkak atau meradang di rektum Anda.

Kondisi ini cenderung lebih umum di antara orang tua, bisa menyakitkan, dan terkadang harus dioperasi.


Kebiasaan membawa ponsel waktu Anda buang air besar pada dasarnya jadi kebiasaan siapapun yg berusia di bawah 25 tahun. Diperkirakan sekitar 95 % orang pada Generasi Z secara rutin menggunakan ponsel mereka di toilet, istilah Profesor Berney.


Baca juga: 10 Kata Kata Bijak Laki Laki, Kutipan Inspirasi Untuk Sukses Dalam Hidup


"Anda dapat membawa ponsel ke toilet jika Anda mau, masalahnya sebenarnya adalah bila membawa ponsel setiap hari saat Anda pergi ke toilet selama 10 atau 20 mnt."


"Masalahnya terletak dalam frekuensi, seberapa acapkali Anda melakukannya, dan berapa lama Anda berada di sana. Di sanalah perkara dimulai."

Resiko terkena wasir

Tapi apa bedanya menggunakan main hape di kursi biasa?


Jadi apakah keliru apabila Anda menghabiskan sedikit sedikit lebih lama di kamar mandi, duduk di toilet, namun tidak benar-benar buang air besar ?


Atau jika memang buang air besar , lalu duduk beberapa mnt sambil main hape, apa jadi masalah?

Jawabannya sangat sanggup, dari Profesor Berney.


"Perbedaannya adalah, ketika Anda duduk, katakanlah, pada kursi di tempat kerja, Anda tidak melakukan gerakan mendorong buat buang air besar," jelasnya.


"Saat Anda duduk di toilet, Anda duduk pada posisi di mana Anda bertumpu pada panggul, sehingga akan tertahan pada tepi toilet, dan ketika Anda mengejan, panggul Anda akan turun dan yg terjadi adalah suplai darah menciptakan pembuluh darah membesar penuh dengan darah.


"Ini merupakan tekanan yang akan Anda alami pada area itu selama 20 mnt atau lebih. Ini bukan perkara ketika Anda duduk di kursi kantor karena dasar panggul rileks, Anda tidak duduk pada tepian."


Jadi berapa lama Anda harus buang air besar?


"Lima hingga tujuh menit merupakan waktu maksimal  Anda harus  berada di sana," kata Profesor Berney.


"Anda tidak boleh membawa ponsel Anda. Simpan di luar, dan gunakan sehabis Anda terselesaikan menyelesaikan panggilan alam Anda."


Diproduksi oleh Orchidmedianews dari artikel dalam bahasa Inggris yang bisa dibaca di sini.


Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Olahraga

+