Suara Dentuman Misterius Gemparkan Warga di Bali, Begini Penjelasan BMKG -->
Berita Fakta Dan Informasi Terkini Hari Ini

Seputar Berita Dan Informasi Terkini, Aktual Terpercaya Tersaji Secara Lugas. Menyajikan Informasi Aktual Dan Ulasan Menarik Untuk Semua

Cari Berita

Iklan

Suara Dentuman Misterius Gemparkan Warga di Bali, Begini Penjelasan BMKG

Orchid Media
Minggu, 24 Januari WIB Last Updated 2021-01-24T11:06:52Z

Wisatawan di Tanah Lot, Kabupaten Tabanan, Bali, Jumat (26/6/2015)
Wisatawan di Tanah Lot, Kabupaten Tabanan, Bali, Jumat (26/6/2015)

Bali,Orchidmedianews.com - Sejumlah masyarakat pada Bali mengaku mendengar bunyi dentuman misterius pada Minggu (21/1/2021). Suara yang belum diketahu sumbernya tersebut, menurut sejumlah masyarakat, sempat membuat kaget. 


Warganet pun ramai mengungkapkan dan mempertanyakan asal suara itu. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali, Made Rentin menyampaikan, pihaknya sudah mengetahui informasi tersebut. Namun, sampai saat ini, petugas terkait masih mencari asal suara dentuman misterius tadi.


"Masih ditelusuri kemungkinan pada laut," katanya, melalui pesan WhatsApp, Minggu (24/1/2021). Hasil pantauan BMKG Sementara itu, dilansir menurut Antara, Koordinator bidang Mitigasi Gempa Bumi & Tsunami BMKG Daryono di Jakarta memastikan, suara dentuman pada daerah Buleleng Bali memang terekam sensor gempa, tetapi dipastikan bukan karena aktivitas gempa. 


"Hasil monitoring BMKG memperlihatkan adanya anomali sinyal seismik yg tercatat dalam sensor seismik Singaraja (SRBI) pada pukul 10.27 WITA," ungkapnya, Minggu. 

Lalu Daryono berkata, sensor BMKG merekam frekuwensi seismik tadi pada durasi sekitar 20 detik.


Melihat anatomi seismogramnya tampak bahwa frekuwensi seismik tadi bukanlah merupakan sinyal gempa bumi tektonik.  


"Jika sinyal seismik tadi kita coba tentukan magnitudonya menggunakan formulasi penentuan mangnitudo gelombang gempa akan didapatkan kekuatan 1,1 magnitudo lokal," tambah Daryono. 


Pihaknya, tambah Daryono, mengaku belum bisa mengkonfirmasi penyebab dan asal suara dentuman itu.


Sumber : Kompas

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Olahraga

+